Mesin Diesel Pertama ( dari penemuan "patent" , menjadi "merek terkenal", dan berkembang keseluruh dunia menjadi "generik name ")
Pada tahun 1892, Rudolf menerima hak patennya atas penemuan cara kerja mesin pembakaran dalam (internal combustion engine). Rudolf segera memulai proyek besarnya mengembangkan apa yang dikemudian hari dikenal sebagai mesin diesel.
Dan pada 10 Agustus 1893, Rudolf pun berhasil mewujudkan impiannya yakni
terciptanya mesin diesel pertama di dunia. Atas temuannya itu, ia mendapatkan
hak paten bernomor 608845. Pada tahun yang
Prototipe awal mesinnya dipamerkan di Pekan raya Chicago, Amerika Serikat dan mendapat sambutan yang cukup lumayan. Dia melanjutkan percobaannya. Pada tahun 1895, Komisi Hak Paten mensahkan bahwa mesin ciptaannya memang bekerja baik. Dia pindah ke Muenchen, tahun 1896. Sampai awal tahun berikutnya (1897), dia menyelesaikan rencana lanjut mesin temuannya dengan empat langkah (4 tak). Tetapi perusahaan Deutz AG mencoba menandinginya. Krupp mendukung Rudolf yang akhirnya melahirkan kesepakatan antara Deutz, Krupp dan Augsburger untuk membantu Rudolf melakukan rangkaian akhir percobaan lanjutan untuk menyempurnakan mesin temuannya.
pabrik mesin diesel di Augsburg akhirnya
dapat dibangun pada tahun 1898. Empat contoh mesin produksi awalnya segera
dipamerkan di Pekar raya Muenchen dan dia berhasil menyelesaikan mesin diesel
pertama dengan kompresor untuk perusahaan Deutz AG. pabrik mesin diesel pertama
di Amerika selesai dibangun tahun itu jugaPada tahun berikutnya 1899 Pabrik
pertama di Augsburg ditutup karena gagal mencapai target jumlah produksi.
Tetapi, tahun itu pula mesin diesel pertama kali digunakan di lapangan
pengeboran minyak di Gailizien.
dia menulis dan menerbitkan buku baru yang
lebih filosofis ketimbang teknis yang berjudul "Solidarismus: natürliche
wirtschaftliche Erlösung der Menschen", pada tahun 1903, yang
memperlihatkan secara jelas sikap dan pandangan dasarnya sebagai seorang
insinyur jenius yang juga peduli pada masalah-masalah sosial dan lingkungan
hidup. Dua tahun kemudian, 1905, mesin diesel mulai digunakan sebagai mesin
kereta api. Dan puncak prestasinya pada tahun 1910 ketika ia tampil di Pekan
raya Paris dengan rancang bangun mesin diesel yang digerakkan dengan bahan
bakar minyak kacang dan minyak ganja. Dua tahun kemudian (1912) ketika
berpidato menerima hak patennya atas mesin barunya tersebut, dinia mencatat
pernyataannya yang peling bersejarah tentang masa depan mesin yang dijalankan
dengan bahan bakar minyak nabati yang sekarang dikenal sebagai biodiesel. Mesin biodiesel itu disempurnakan
lagi oleh Ludwig Elsbett.
Rudolf Diesel meninggal Meninggal 29 September 1913 (umur 55), secara misterius dan mengenaskan di Selat Inggris,terjatuh dan tenggelam secara misterius. Hingga kini tidak diketahui pasti sebab peristiwa kecelakaan tragis itu.
Rudolf Diesel meninggal Meninggal 29 September 1913 (umur 55), secara misterius dan mengenaskan di Selat Inggris,terjatuh dan tenggelam secara misterius. Hingga kini tidak diketahui pasti sebab peristiwa kecelakaan tragis itu.
No comments:
Post a Comment